konsep jen meurut Francis L.K.HSU

nama: alfin aloei
NPM:20410542
kelas 1IC02

1.menurut Francis L.K Hsu, sarjana Amerika Keturunan Cina yang mengkombinasikan dirinya dalam keahlian di bidang Ilmu Antropologi, ilmu Psikologi, ilmu Filsafat dan kesustraan cina klasik. Sampai sekarang, Ilmu psikologi di Negara-negara Barat itu terutama mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori mengenai aneka warna isi jiwa, serta metode-metode dan alat-alat untuk menganalisis dan mengukur secara detail variasi isi jiwa individu itu. Sebaliknya ilmu itu masih kurang mengembangkan konsep-konsp yang dapat menganalisis jaringan berkait antara jiwa individu dan lingkungan social budayanya.

Untuk menghindari pendekatan terhadap jiwa manusia itu, maka Hsu mengembangkan suatu konsepsi, bahwa dalam jiwa manusia sebagai makhluk social budaya itu mengandung delapan daerah yang seolah-olah seperti lingkaran-lingkaran konsentris sekitar diri pribadi.

Nomor 7 dan 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar, nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan (unexpressed conscious), nomor 4 disebut kesadaran yang di nyatakan (expressed conscious), nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang oleh si individu diajak bergaul secara mesra dan karib, nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna, nomor 1 di sebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adapt yang ada dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, nomor 0 disebut lingkaran dunia luar.Contoh: anggapan seorang pelajar Indonesia yang tak pernah keluar negeri; tentang Negara Amerika, anggapan seorang pegawai rendahan di suatu departemen di Jakarta tentang kota Kopenhagen, dan sebagainya.

Menurut Francis L.K Hsu, makhluk manusia masih memerlukan suatu daerah isi jiwa tambahan untuk memuaskan suatu kebutuhan rohaniah yang bersifat fundamental dalam hidup manusia. Konsep yang dapat dipakai sebagai landasan untuk mengembangkan konsep lain itu, menrut Francis L.K Hsu adalah konsep Jen dalam kebudayaan Cina, Yaitu manusia yang berjiwa selaras, manusia yang berkpribadian.

Iklan

Tentang alfinchipmunk

cari tau sendiri aj ye,haha
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s