pengertian ilmu budaya dasar

nama:Alfin aloei
kelas 1IC02
NPM:20410542

1.pengertian budaya dasar adalah:
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani didalam suatu kelompok masyarakat sehingga menimbulkan suatu kebiasaan didalam masyarakat tersebut.

sedangkan secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

2.pengertian kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat,kebudayaan tersebut timbul akibat dari pola pikir masyarakat itu sendiri dalam menjalani kehidupan,sehingga dapat dikatakan kebudayaan sebagai sarana hasil karya masyarakat sehingga akan makin banyak kebudayaan yang dihasilkan pada suatu masyarakat dan selalu berkembang seiring dengan banyaknya kebudayaan yang dihasilkan.

3.menurut Sultan Takdir Alisyahbana mengatakan kebudayaan adalah
manifestasi dari cara berpikir. Sehingga semua hal tersebut menjadi sebuah landasan-landasan didalam masyarakat dalam berpikir,berprilaku terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari yang sudah mendarah daging ke dalam masyarakat itu tersebut,tingkat kebudayaan masyarakat tersebut dapat semakin berubah seiring dengan pola pikir dan perkembangan jaman sehingga kebudayaan yang lama kemungkinan akan semakin pudar

Tentang alfinchipmunk

cari tau sendiri aj ye,haha
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar